Menu

Cara Mencari Ide dan Inspirasi Tulisan

Cara Mencari Ide Dalam Menulis, Tips Mencari Ide Tulisan Untuk Posting

Cara Mencari Ide Untuk Menulis

Ide adalah permulaan untuk menghasilkan sesuatu yang diciptakan. Semua hasil yang didapat sesorang, berawal dari sebuah ide. Ide bisa didapat dari mana saja, bisa dari lingkungan, diri sendiri, kejadian, dan lain sebagainya. Sebenarnya kita dapat dengan mudah menemukan inspirasi untuk menciptakan ide – ide baru. Tetapi, ide akan sangat sulit diperuleh tanpa kita mengetahui terlebih dahulu dimana letak terbitnya sumber ide tersebut, dan tanpa tahu cara – cara mendatangkannya.

Untuk mencari edi – edi brilian diperlukan kemampuan untuk mengolah sebuah kejadian atau peristiwa menjadi bahan renungan sehingga menghasilkan ide – ide yang luar biasa. Sebenarnya setiap seseorang mempunyai kemampuan dalam menciptakan sebuah ide. Tetapi, kemampuan yang mereka miliki tidak terasah dengan benar.

Berhubung yang akan kita bahas ini adalah tentang ide untuk menulis sebuah artikel, maka akan kami bahas disini hanya ide – ide yang berhubungan dengan tulisan saja. Walaupun semua sumber ide apapun itu, sama saja cara menggali dan mengolahnya. Tetapi, hanya yang ada hubungannya dengan ide tulis menulislah yang akan saya gambarkan nanti.

Untuk mengasah kemampuan dalam mencari inspirasi dan menghasilkan sebuah tulisan, kita harus mengetahui terlebih dahulu darimana sumber ide itu bisa datang. Dan bagai mana cara mengolah sumber tersebut sehingga mendatangkan inpirasi yang mampu menghasilkan tulisan yang sangat menarik dan bermanfaat.
Banyak sekali sumber – sumber ide yang sering kita dapati, mulai disekeliling kita, sampai pada diri kita sendiri. Tetapi, karena kemampuan dalam menciptakan ide tidak terasah, maka kita hanya membiarkannya lewat tanpa menghasilkan ide .

Berikut beberapa sumber ide yang bisa kita jadikan bahan inspirasi untuk menghasilkan tulisan:

1. Dari Sebuah Kejadian Atau Peristiwa

Ketika kita melihat suatu kejadian, maka kita akan berfikir, apa sebab dari kejadian tersebut. Setelah kita mengetahui sebabnya, kita akan berusaha menghindari supaya kejadian tersebut tidak terulang lagi. Kita ambil contoh dari kejadian penjambretan yang sering terjadi, lalu kita berpikir apa penyebab dari penjambretan tersebut. Dan dari prestiwa atau kejadian penjambretan itu, tercipta edi untuk menulis ” Tips Jitu menghindari dari penjambretan”, “Karena kurangnya mata usaha, Sehingga penjamber merajalela”. Dan masih banyak lagi contoh – contoh kejadian yang dapat kita racik menjadi sebuah edi dan inspirasi tulisan.

2. Dari Suara Atau Pendengaran

Selain kejadian yang kita lihat , suara yang kita dengarpun juga bisa menjadi sumber inspirasi tulisan. Ketika berada ditengah orang banyak, kita bisa mendengar obrolan orang – orang tentang berbagai hal.
Kita bisa juga mendengar percakapan percakapan teman bicara kita. Kita juga bisa mengambil inspirasi dari guru dan dosen yang sedang menjelaskan sesuatu. Kita bisa juga mendapatkan ide dari mendengar siaran radio dan lain -lain. Jika kita mendengar semuanya secara cermat, maka inpirasi akan datang sendirinya dari apa yang kita dengarkan tersebut.

3. Dari Bacaan

Dengan membaca kita sudah pasti akan mendapatkan ilmu, selain ilmu, kita akan dapat melahirkan karya baru. Setelah membaca tulisan seseorang usahakan untuk menanggapi tulisan tersebut. Baik tanggapan yang terucap ataupun hanya dalam hati. Karena tanggapan kita terhadap karya seseorang akan melatih kita untuk menciptakan ide yang brilian.
Pada dasarnya ide dapat dicari pada lembaran – lembaran buku, majalah, koran, komek. Bahkan sumber ide juga dapat dicari pada bacaan yang berbentuk digital, mulai dari aplikasi ebook, artikel sebuah website sampai status sosial media. Tergantung kejelian kita masing – masing dalam mengasah dan menggali sumber tersebut sehingga melahirkan ide – ide baru dari bacaan tersebut.

4. Dari Pengalaman Hidup

Setiap orang pasti mempunyai jalan hidup yang berbeda. Dan, bagi seorang penulis, hal itu merupakan sesuatu yang menarik untuk dicermati dan ditelaah. Sehingga ide – ide dan inspirasi akan bermunculan dengan sendirinya. Kita dapat menuliskan apa saja yang kita temukan dan apa saja yang kita rasakan. Bagi seorang penulis yang jeli, pengalaman hidup dapat menghasilkan sebuah ide yang sangat menarik. Kalau kita seorang blogger maka, maka bahan tulisan bisa kita dapatkan dari pengalaman kita waktu mengelola blog atau website. Misalnya kita memiliki pengalaman jika kita memposting artikel dan mengoptimasi artikel tersebut, maka artikel kita akan banyak dicari di mesin pencari. Maka pengalaman seperti apa optimalisasi artikel yang kita lakukan dapat menjadi bahan untuk sebuah tulisan.

5. Dari Hasil Diskusi

Setiap individu mempunyai cara pandang yang berlainan terhadap berbagai hal; dan, kenyataan ini dapat menguntungkan bagi seorang penulis melalui forum diskusi, kita dapat membuktikan perbedaan pendapat. Dan pada diskusi pula kita dapat mengetahui apa pandangan orang terhadap persoalan yang sedang dibahas. Dari cara pandang orang lain yang berbeda – beda inilah, sehingga dapat menjadi inspirasi bagi tulisan kita dan memperkaya sebuah artikel.
Bagi seorang penulis, diskusi bukan hanya mengeluarkan gagasan atau mendengarkan pendapat orang lain, tatapi juga mengambil ide dan referensi yang dimiliki orang lain intuk kita kembangkan pada tulisan kita. Bagi seorang penulis , perdebatan dalam suatu diskusi merupakan inspirasi berharga untuk menciptakan tulisan yang segar dan berkualitas.

Demikian beberapa sumber ide yang bisa saya sebutkan, sumoga dengan ini, kita akan menemukan inspirasi dan sumber ide yang lain dalam menciptakan sebuah karya tulis yang berkualitas dan beda dari yang lain.

Setelah kita menemukan suatu ide yang bisa kita jadikan bahan tulisan. hal yang perlu dilakukan adalah membuat judulnya.

simak: Cara Membuat Judul Posting yang Berkualitas

Ahirnya semoga apa yang saya sampaikan ini ada terselip manfaat bagi kita para

Cara Mencari Ide Menulis, Cara Mendatangkan Inspirasi Untuk Tulisan, Tips Mencari Ide Untuk Posting Artikel