Menu

Cara Mengatur dan Menggunakan Uang Sesuai Kebutuhan

Tips dan Cara Mengatur Keuangan Yang Benar dan Tepat

Cara Mengatur Keuangan
 

ArtikelDuit.com – Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari diperlukan uang. Uang atau duit atau yang lebih sering kita kita dengar di sinetron – senetron komedi, yaitu pulus, uang memang sangat digemari oleh semua orang, mulai dari anak – anak sampai orang dewasa, karena si pulus yang bernama rupiah ini memang mempunyai daya tarik yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan. Dengan uang seseorang jelek bisa berubah menjadi ganteng atau cantik, kulit hitam jadi putih, karena uang pula, teman bisa jadi lawan, dan lawan bisa jadi kawan.

Uang sangat penting bagi kita. Supaya uang dapat digunakan sesuai kebutuhan, maka diperlukan pengelolaan atau sistem pengaturan yang baik. apalagi sejak kita mulai membina rumah tangga, kita harus sudah bisa mengelola keuangan keluarga.

Berikut beberapa Tips dan Cara Mengelola Keuangan yang benar dan tepat.

  1. Mendahulukan Yang Benar – Benar Dibutuhkan
    Dahulukanlah sesuatu yang paling dibutuhkan, seperti membeli beras, membayar rekening listrik, air, dan iuran sekolah jika dalam keluarga masih ada yang sekolah.
    Dalam hal kebutuhan yang harus didahulukan, sebenarnya tergantung individu masing – masing, rincian diatas hanya sebagai contoh, anda bisa menilainya sendiri, urutan kebutuhan mana yang perlu didahulukan.
  2. Pintar Membedakan Antara Kebutuhan dan Keinginan
    Kebutuhan dan keinginan adalah dua hal berbeda, namun sulit untuk dibedakan. Contoh kebutuhan dan keinginan, Misalnya anda membeli beras, dan anda ingin membeli beras kualitas bagus, membeli beras adalah kebutuhan dan kualitas bagus adalah keinginan. Pergunakan uang anda untuk kebutuhan terlebih dahulu, baru sisanya untuk keinginan.
  3. Bijak Dalam Mengatur Keinginan
    Dalam hal keinginan, anda juga harus bijak dalam mengaturnya. Bukan hanya kebutuhan, keinginan juga, ada yang harus didahulukan, dan mana yang harus dit urutkan dan ditahan. Keinginan yang tidak terkontrol dan tidak ada sistem pengaturannya akan mengakibatkan boros, dan bisa membawa kepada berpoya – poya. Imbasnya uang yang sudah disisihkan untuk kebutuhan pokok juga digunakan untuk keinginan. Hal ini sangat merogikan bagi kita yang pas-pasan dengan penghasilan minim.
  4. Sistem Pambagian Yang Tepat
    Membagi uang memang sangat perlu diterapkan. Keuangan yang tidak ada sistem pembagiannya mengakibatkan keuangan rumah tangga jadi kacau, dan bisa membawa dampak buruk seperti, pengeluaran lebih besar dari pemasukan ( gaji ), ngutang sana sini untuk menutup kekurangan. Jika dibiarkan terus menerus, bisa bisa utang jadi menumpuk dan hidup tidak tenang.

Sudah banyak Pakar ahli dalam mengatur keuangan yang menuturkan tantang sistem atau cara membagi uang yang tepat. Banyak istilah – istilah yang mereka sebutkan, diantaranya adalah “formasi 4 – 4 – 2”, pengaturan keuangan dengan sistem ini menurut saya paling mudah untuk diterapkan.
Seperti apakah pengaturan keuangan dengan formasi 4 – 4 – 2 ini, berikut penjelasannya.

4 – 4 – 2 adalah pembagian keuangan seperti formasi bermain bola dimana sepuluh pemain dibagi menjadi tiga kelompok. Seperti itu juga uang pemasukan kita, uang dabagi menjadi sepulah, kemudian dikelompokkan menjadi tiga bagian, dua bagian mendapat 4, satu bagian mendapat dua. Rinciannya sebagai berikut.
4 bagian untuk menyerang ( kebutuhan )
4 bagian untuk gelandang ( keinginan )
2 bagian untuk back ( menabung )
Misalnya gaji bulanan kita sebesar Rp 5 juta, maka pembagiannya seperti berikut.
40% dari 5 juta = 2 juta untuk kebutuhan
40% dari 5 juta = 2 juta untuk keinginan
20% dari 5 juta = 1 juta untuk menabung
Gunakanlah uang kelompok menyerang untuk membeli kebutuhan hidup seperti beli sembaku, bayar tagihan air, tagihan listrik, dan lain – lain. Untuk uang kelumpok gelandang, anda bisa menggunakannya untuk beli pulsa, smartphone, beli baju baru, makan enak direstoran, beli buah buahan dan sebagainya. Dan Untuk uang kelumpok back, anda bisa menabungnya.

Jika gambaran formasi diatas tidak sesuai, misalnya kebutuhan yang sangat banyak anda bisa mengobah formasi diatas menjadi 5 – 3 – 2. Dan jika uang kelompok gelandang ( keinginan ) anda masih ada sisa, anda bisa memasukkannya kebagian back ( Menabung ).
Sistem pembagian keunggulan ini hanya contoh, anda bisa menyesuaikannya dengan keadaan keluarga anda. Hal yang penting adalah, harus ada sistem pengaturan untuk membagi pemasukan anda, sehingga pengeluaran bisa dikontrol.

Demikian sedikit Tips dan Cara Mengatur Pembagian Uang dan menggunakannya sesuai dengan kebutuhan. Semoga artikel ini ada manfaatnya bagi kita semua. Wassalam